Meutia, Roza Enda (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN 3 LANGSA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER ROZA.pdf Download (131kB) |
|
|
Text
ABSTRAK ROZA.pdf Download (197kB) |
|
|
Text
BAB 1 ROZA.pdf Download (375kB) |
|
|
Text
DAPUS ROZA.pdf Download (199kB) |
|
|
Text
SKRIPSI Kak Roza Terbaru 29 juni 2025 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental design dan rancangan nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIII10 sebagai kelas eksperimen dan VIII11 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep matematis dalam bentuk pretest dan posttest. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas dan homogenitas sebagai prasyarat, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan software SPSS 18. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < α = 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,52 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis setelah penerapan model STAD. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa secara signifikan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Roza Enda Meutia |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:09 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 06:09 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/12492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




