MULYANI, MULYANI (2025) PENERAPAN PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL MELALUI APLIKASI JKN DI KANTOR BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER_MULYANI_210210093.pdf

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK_MULYANI_210210093.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I_MULYANI_210210093.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DASPU_MULYANI_210210093.pdf

Download (90kB)
[img] Text
SKRIPSI_MULYANI_210210093.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Aplikasi Mobile JKN di Kantor BPJS Kesehatan Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dimana sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik pngupulan data, reduksi data, dan penyajian data. Penelitian ini menggunakan teori Parasuraman dan Berry yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles. Berdasarkan hasil analisa data yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa penerapan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Aplikasi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Kota Lhokseumawe menunjukkan beberapa aspek positif seperti kemudahan akses layanan, kehandalan sistem melalui pemeliharaan rutin, dan kesiapan tenaga kesehatan yang terus ditingkatkan. BPJS Kesehatan juga menyediakan saluran komunikasi yang responsif, memberikan jaminan keamanan data, serta menunjukkan empati terhadap peserta khususnya lansia dengan menyediakan aplikasi sederhana dan layanan bantuan yang mudah di akses. Namun, terdapat beberapa kendala seperti kendala teknis yaitu error aplikasi, kesulitan login, respon aplikasi yang terkadang lambat, dan masalah saat melakukan verifikasi data. Kemudian kendala lainnya yaitu kendala non-teknis berupa rendahnya tingkat literasi digital di kalangan lansia dan ketidakbiasaan masyarakat dengan teknologi yang memperlambat penerapan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Aplikasi Mobile JKN di Kota Lhokseumawe. Kata Kunci : Penerapan Pelayanan, Jaminan Kesehatan Nasional, Aplikasi Mobile JKN

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: MULYANI MULYANI
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:06
Last Modified: 09 Jul 2025 06:06
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/12484

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by