Silvia, Anissa (2024) E-LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK PEMBELAJARAN STRUKTUR TUMBUHAN MENGGUNAKAN 3D AUGMENTED REALITY PADA SISWA KELAS 8 SMP METODE OCCLUSION BASED BERBASIS WEB DAN MOBILE (STUDI KASUS: SMP N 1 DEWANTARA). S1 thesis, Universitas malikussaleh.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
Abstrak (4).pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
FILE SKRIPSI ANISSA SILVIA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun E-Learning Management System (ELMS) yang memanfaatkan teknologi 3D Augmented Reality (AR) untuk pembelajaran Struktur Tumbuhan bagi siswa kelas 8 SMP. Dengan pendekatan metode Occlusion Based, sistem ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang bersifat kompleks dan abstrak. Studi kasus dilakukan di SMP N 1 Dewantara, di mana aplikasi ini diintegrasikan dalam proses belajar mengajar. Melalui penggunaan platform berbasis web dan mobile, siswa dapat mengakses materi pembelajaran secara fleksibel dan interaktif, yang mendorong keterlibatan aktif dalam proses belajar. Data dikumpulkan melalui survei, wawancara, dan observasi selama implementasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penerapan ELMS berbasis 3D AR mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi Struktur Tumbuhan. Penggunaan teknologi AR yang inovatif dalam pembelajaran tidak hanya membantu visualisasi konsep-konsep yang sulit dipahami, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan metode pembelajaran yang efektif dan adaptif di era digital, sekaligus membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut mengenai penerapan teknologi AR dalam pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi teknologi AR dalam pembelajaran dapat memberikan dampak positif terhadap proses belajar mengajar, serta mendorong inovasi dalam pendidikan di era digital. Setelah penggunaan aplikasi AR, hasil menunjukkan bahwa tingkat keefektivitasnya mencapai 80%. Ini berarti bahwa siswa mampu memahami dan mengingat informasi tentang struktur tumbuhan dengan baik setelah penggunaan aplikasi. Aplikasi Augmented Reality yang terintegrasi dengan e-Learning Management System terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas 8 SMP tentang struktur tumbuhan. Dengan tingkat keefektivitasan mencapai 80%, teknologi ini dapat dijadikan sebagai alternatif metode pengajaran yang inovatif dan menarik bagi siswa. Melalui penelitian ini, diharapkan sekolah-sekolah dapat mempertimbangkan penggunaan AR dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kata kunci: E-Learning Management System, Augmented Reality, Pembelajaran, Struktur Tumbuhan, Occlusion Based.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Anissa Silvia |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:59 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:59 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/12229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |