Ramadhan, Heri Fahmi (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 4 LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (457kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang menjadi kesulitan belajar siswa jurusan TKRO di SMK N 4 Lhokseumawe, (2) untuk mengetahui strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa kelas XI jurusan TKRO di SMK N 4 Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripstif. Dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan di SMK N 4 Lhokseumawe. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode Triangulasi yang terdiri dari 3 tahapan yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori serta melibatkan tahapan proses nalisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara siswa kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan bahwa siswa tersebut mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran kelistrikan otomotif. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar antara lain suasana kelas, cara guru mengajar dan faktor internal siswa seperti fisiologi dan psikologis. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan menemukan strategi mengatasi kesulitan belajar siswa. Hasil penelitiandengan perolehan rata- rata kesulitan belajar siswa yaitu 2,648 termasuk dalam katagori Tinggi. Dengan kualifikasi kesulitan belajar terhadap materi kelistrikan otomotif adalah “Tinggi”di SMK Negeri 4 Lhokseumawe. Dalam rangka mengatasi permasalahan ini, guru perlu mengubah gaya mengajar dan mendorong interaksi dengan siswa, sementara siswa perlu lebih fokus dan kondusif selama pembelajaran. Kerjasama antara guru dan siswa diharapkan dapat membantu mengurangi tingkat kesulitan belajar pada mata pelajaran kelistrikan otomotif untuk siswa kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan di SMK N 4 Lhokseumawe

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 83203 - Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
Depositing User: Heri Fahmi Ramadhan
Date Deposited: 27 May 2025 02:55
Last Modified: 27 May 2025 02:55
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11744

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by