Adifa, Lutfiah (2025) SISTEM PENGELOMPOKAN DATA PELANGGARAN LALU LINTAS DI KOTA LHOKSEUMAWE MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (60kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (27kB) |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (159kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (165kB) |
|
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Peraturan lalu lintas di Indonesia diatur oleh Undang-Undang No. 22 Tahun 2009. Data 2023 mencatat 25.108 pelanggaran dan 3.542 kecelakaan dengan 718 korban jiwa di wilayah Polda Aceh. Kota Lhokseumawe mencatat penurunan pelanggaran dari 13.809 kasus pada 2021 menjadi 7.895 pada 2022, meskipun angka kecelakaan tetap tinggi dengan 179 kasus dan 77 korban meninggal. Upaya mengatasi permasalahan pelanggaran lalu lintas di Kota Lhokseumawe dilakukan dengan mengelompokan data pelanggaran lalu lintas dan menganalisa pola serta karakteristik pelanggaran dengan menggunakan metode fuzzy c-means. Data yang digunakan adalah 2.316 kasus pelanggaran lalu lintas di Kota Lhokseumawe pada tahun 2022-2023. Berdasarkan hasil proses analisa, diperoleh cluster 1 (Rendah) terdiri dari pelanggaran yang melibatkan sepeda motor (89,6%), pelanggar dari luar Lhokseumawe (64,3%), dan pelajar/mahasiswa (41,5%). Pelanggaran utama melibatkan Pasal 291 (32,1%) dan Pasal 291 ayat (2) (30,9%), dengan barang bukti berupa STNK (50,6%) dan SIM (49%). Cluster 2 (Tinggi) mencakup pelanggaran yang melibatkan sepeda motor (85,5%), pelanggar luar kota (73,3%), dan pelajar/mahasiswa (40,8%). Pasal pelanggaran terbanyak adalah Pasal 291 ayat (2) (37,8%) dan Pasal 291 (15,3%), dengan barang bukti berupa SIM (62,2%) dan STNK (37,6%). Cluster 3 (Sedang) mencakup pelanggaran yang melibatkan sepeda motor (89,4%), pelanggar dari Banda Sakti (43,8%) dan Muara Dua (41,1%), serta karyawan swasta (43,8%). Pasal pelanggaran utama melibatkan Pasal 291 (30,3%) dan Pasal 291 ayat (2) (20%), dengan barang bukti berupa STNK (82%) dan SIM (17,7%). Temuan ini memberikan gambaran penting untuk merumuskan kebijakan lalu lintas berbasis data guna menekan pelanggaran, sehingga jumlah pelanggaran oleh pelajar/mahasiswa dan wilayah tertentu dapat berkurang.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > 55201 - Jurusan Teknik Informatika |
| Depositing User: | Lutfiah Adifa |
| Date Deposited: | 26 May 2025 08:57 |
| Last Modified: | 26 May 2025 08:57 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




