SULASTRI, SULASTRI (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM PROYEK PENGOLAHAN LIMBAH ORGANIK TERHADAP LITERASI SAINS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (185kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (133kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (135kB) |
|
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dalam proyek pengolahan limbah organik terhadap literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental yang berbentuk Nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Nisam yang terdiri dari 107 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah purposive sampling dengan jumlah 32 siswa pada masing-masing kelas. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen menggunakan model Project Based Learning dalam proyek pengolahan limbah organik dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dimana kelas ini juga belajar mengenai pengolahan limbah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis. Sedangkan instrumen dari penelitian ini adalah soal pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif melalui pengumpulan data, pengorganisasian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 56,21 dan nilai rata-rata posttest yang diperoleh siswa adalah 83,18 dengan N-Gain Score 0,67 dengan kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa adalah 60 dan nilai rata-rata posttest yang diperoleh siswa adalah 69 dengan N-Gain Score 0,26 dengan kategori rendah. Peningkatan capaian hasil literasi sains siswa yang lebih tinggi pada kelas eksperimen mengindikasikan bahwa penerapan model Project Based Learning dalam proyek pengolahan limbah organik memberikan pengaruh terhadap literasi sains siswa. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis statistik uji independent sample test pada SPSS Versi 27 diperoleh hasil sig (2-tailed) 0.000 < signifikansi 0,05 artinya H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning dalam proyek pengolahan limbah organik terhadap literasi sains siswa. Kata Kunci :Project Based Learning, pengolahan, limbah, organik, literasi sains
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Sulastri Sulatri |
| Date Deposited: | 20 May 2025 03:01 |
| Last Modified: | 20 May 2025 03:01 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




