PANGESTIKA, RATRI (2025) PENGARUH E-RECRUITMENT, MEDIA SOSIAL DAN EMPLOYER BRANDING TERHADAP MINAT MELAMAR PEKERJAAN PADA FRESH GRADUATE UNIVERSITAS MALIKUSSALEH. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI RATRI.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI RATRI.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB 1 SKRIPSI RATRI.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
DAPUS SKRIPSI RATRI.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL RATRI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah strategi rekrutmen perusahaan, salah satunya dengan penerapan e-recruitment yang memungkinkan proses rekrutmen menjadi lebih cepat, efisien, dan luas jangkauannya. Selain itu, penggunaan media sosial dalam rekrutmen juga semakin meningkat, di mana perusahaan memanfaatkan platform seperti LinkedIn untuk menarik calon pelamar. Di sisi lain, employer branding berperan penting dalam membangun citra perusahaan yang menarik di mata calon pekerja, terutama fresh graduate yang cenderung mencari perusahaan dengan reputasi baik dan lingkungan kerja yang sesuai dengan nilai-nilai mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-recruitment, media sosial, dan employer branding terhadap minat melamar pekerjaan pada fresh graduate. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang di bagikan melalui google forms pada fresh graduate Universitas Malikussaleh yang mengikuti program MSIB. Analisa data menggunakan program Smart PLS, data dikumpulkan dari 112 fresh graduate Universitas Malikusaleh kemudian dianalisis menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-recruitment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar. Media sosial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar pekerjaan. Sementara itu, employer branding juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar pekerjaan. Dengan demikian, perusahaan disarankan untuk mengoptimalkan strategi rekrutmen berbasis digital, meningkatkan interaksi melalui media sosial, serta membangun employer branding yang kuat guna menarik lebih banyak fresh graduate yang potensial. Kata Kunci : E-recruitment, media sosial, employer branding, minat melamar pekerjaan, fresh graduate.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201 - Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Ratri Pangestika |
Date Deposited: | 05 May 2025 01:29 |
Last Modified: | 05 May 2025 01:44 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |