KHAIRUN, NISA (2023) SISTEM PENGUJIAN HAFALAN QUR’AN MELALUI SUARA MENGGUNAKAN TRANSFORMASI HAAR. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER.pdf Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (19kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
Abstract
Banyak masalah yang dihadapi dalam menghafal Al-Quran, dengan peserta hafalan Al-Qur’an yang banyak sehingga berpengaruh terhadap kemampuan pelayanan guru dalam melayani dan membimbing murid dalam menghafal Al-Quran. Kondisi yang seperti ini, maka akan sangat terbantu dengan adanya sebuah sistem yang dapat mempermudah dalam hal mengahafal ayat-ayat Al-Qur’an dengan benar hanya dengan melalui suara. Penelitian ini akan membuat sebuah system yang bisa membantu menguji pengahafal ayat-ayat Al-Qur’an dengan benar hanya dengan melalui suara, salah satunya adalah menggunakan Tranformasi haar. Sistem pengujian hafalan Qur’an dilakukan setelah adanya proses pelatihan. Tujuan dari proses pelatihan adalah untuk membandingkan data yang ada pada saat proses pelatihan dengan data yang didapat pada saat proses pengujian. Pengukuran unjuk kerja sistem dilakukan berdasarkan pengukuran seluruh data pengujian berdasarkan spesifikasi atau klasifikasi tertentu yang dikolerasikan dengan jumlah data pelatihan yang digunakan. Data yang diuji dengan jumlah 10 sample pengujian dan 7 sample pelatihan. Nilai true identification didapat setelah program dieksekusi yaitu 8 sample suara yang berhasil dikenali dan diterjemahkan sesuai ayat yang dibacakan dalam rekaman dan 2 sample menghasilkan false identification atau tidak mengenali suara dari bacaan dalam rekaman. Kata Kunci: Tranformasi haar, true identification¸ false identification
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 55201 - Jurusan Teknik Informatika |
Depositing User: | Yolinda Cesilia |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 03:58 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 03:58 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/114 |
Actions (login required)
View Item |