AIDIL, IHSAN (2024) PEMBUATAN ALAT PERAGA SISTEM KERJA PENGEREMAN TIPE CAKRAM PADA RODA BELAKANG SEPEDA MOTOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 MUARA BATU. S1 thesis, Universital Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Abstrak .pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (225kB)
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (123kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Bagaimana proses pembuatan alat peraga sistem kerja pengereman tipe cakram pada roda belakang sepeda motor, (2) Bagaimana hasil uji kelayakan alat peraga sistem kerja pengereman tipe cakram pada roda belakang sepeda motor, (3) Bagaimana respon siswa terhadap alat peraga sistem kerja pengereman tipe cakram pada roda belakang sepeda motor sebagai media pembelajaran yang dibuat. Penelitian ini menggunkan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D dengan model Borg and Gall. Metode penelitian meliputi potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Muara Batu. Subjek penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media. Objek penelitian ini adalah siswa dan media pembelajaran yang digunakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data penelitian ini meliputi: validasi ahli materi, ahli media, respon siswa. Untuk menentukan alat peraga tersebut dapat digunakan atau tidak, maka dilakukan validasi. Hasil penelitian mengenai pembuatan alat peraga media pembelajaran yang melalui berbagai tahapan seperti potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain. ujicoba produk, akhirnya menghasilkan media pembelajaran alat peraga tentang proses kerja pengereman. Diperoleh hasil penilaian dari ahli media terhadap media yang telah dibuat, dari ahli media 1 mendapatkan skor 46 dengan total optimal 48 dari presentase 96,35 dan ahli media 2 mendapatkan skor 47 dari total optimal 48 dengan presentase 97,91%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil validasi dari ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memenuhi kriteria sangat layak. Untuk penilaian dari ahli materi 1 memperoleh jumlah penilaian 80 dengan total skor optimal 92 dari persentase 86.94% dan ahli materi 2 mendapatkan nilai 86 dari total nilai optimal 92 dengan persentase 93,47% dari kedua ahli materi sangat layak. Hasil respon siswa terhadap alat peraga yang telah dibuat mendapatkan nilai 337 dari total nilai optimal 360 dengan presentase 93,61% dinyatakan sangat baik. Disimpulkan alat peraga dapat digunakan hal ini terbukti berdasarkan skor yang diberi oleh setiap penilaian yang telah diberikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 83203 - Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
Depositing User: Ihsan Aidil
Date Deposited: 30 Apr 2025 03:29
Last Modified: 30 Apr 2025 03:29
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11339

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by