Ilham, Muhammad (2025) PENGGUNAAN METODE EQUIVALENT ACIDDENT NUMBER (EAN) UNTUK MELIHAT POTENSI KECELAKAAN PADA LINTASAN SEBIDANG KERETA API DENGAN JALAN RAYA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Muhammad Ilham_200110074_Cover.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
Muhammad Ilham_200110074_Abstrak.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
Muhammad Ilham_200110074_BAB I.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
Muhammad Ilham_200110074_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
![]() |
Text
Muhammad Ilham_200110074_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
![]() |
Text
Muhammad Ilham_200110074_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
![]() |
Text
Muhammad Ilham_200110074_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text
Muhammad Ilham_200110074_Daftar Pustaka.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
Muhammad Ilham_200110074_PENGGUNAAN METODE EQUIVALENT ACIDDENT NUMBER (EAN) UNTUK MELIHAT POTENSI KECELAKAAN PADA LINTASAN SEBIDANG KERETA API DENGAN JALAN RAYA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dan strategis dalam memperlancar roda perekonomian. Moda transportasi tersebut memiliki system prasarana yang berbeda dan dioprasikan dengan sistem sarana yang berbeda. Kedua moda transportasi dengan karakteristik berbeda tersebut bertemu di persimpangan/pintu perlintasan (level crossing) atau disebut lintasan sebidang sehingga daerah tersebut memiliki resiko terjadinya kecelakaan yang tinggi bagi kereta api dan kendaraan bermotor. Pedoman dalam analisis volume lalulintas PKJI 2023. Metode kualitatif dan metode Equivalent Accident Number (EAN) digunakan dalam penelitian ini. Hasil pada penelitian ini menunjukkan dengan LHR pada waktu kerja sebesar 1192.909 smp/jam untuk jam sibuk peak hour siang hari, 1.382 smp/jam. Untuk LHR pada waktu libur hari minggu sebesar 1296.455 dengan peak hour pagi hari sebesar 1.399 smp/jam dan mendapat tingkat pelayanan C . Dengan hasil EAN menunjukan angka Dengan tingkat fatalitas 162,31. Nilai EAN di perlintasan memiliki nilai EAN 63 yaitu lebih tinggi dibandingkan nilai BKA 42,31 dan UCL 53,61 sehingga lokasi ini dikategorikan sebagai blackspot. Segmen lokasi sebelum dan setelah perlintasan termasuk dalam kategori bukan blackspot karena nilai EAN berada dibawah nilai BKA dan nilai UCl. Kata Kunci: Lintasan Sebidang, Tingkat Kecelakaan, Tingkat Pelayanan (LoS), Metode Equivalent Accident Number (EAN), Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia PKJI 2023
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TF Railroad engineering and operation |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Muhammad Ilham |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 08:52 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 08:52 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |