Nurakmalia, Riza (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 2 DEWANTARA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Skripsi Full-Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, dan membandingkannya dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Siswa mengalami kesulitan dalam menyampaikan argumentasi dan ide matematisnya dalam simbol atau kata-kata, kemampuan siswa dalam mengubah soal cerita ke model matematika masih rendah karena siswa tidak terbiasa mengerjakan soal yang berbentuk literasi dan siswa selalu harus dibimbing dari awal sampai akhir dalam mengerjakan soal akibatnya siswa terbiasa tidak menggunakan kemampuannya sendiri untuk menjawab soal yang telah diberikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis quasi experimental design dan desain nonequivalen pretest-postest control group design. Pemilihan sampel dilakukan dengan menetapkan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol, menggunakan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi matematis siswa SMA Negeri 2 Dewantara melalui model Problem Based Learning, tahun ajaran 2024/2025 yang terlihat pada uji hipotesis menggunakan uji t, yaitu diperoleh nilai signifikan sebesar 0,003 < 0,05 yang bearti bahwa H_o ditolak dan H_a diterima, dapat disimpulkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang mengikuti model Problem Based Learning lebih baik secara signifikan dengan peningkatan kemampuan literasi matematis yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Problem Based Learning, Literasi Matematis, Barisan dan Deret Aritmatika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Riza Nurakmalia
Date Deposited: 28 Apr 2025 04:05
Last Modified: 28 Apr 2025 04:05
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by