Dalila, Dalila (2025) PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN PEDAGANG DALAM MEMBAYAR ZAKAT (Studi Kasus Pedagang Pasar Paya Ilang Takengon). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
DALILA_210440051_Cover.pdf Download (542kB) |
|
|
Text
DALILA_210440051_Abstrak.pdf Download (594kB) |
|
|
Text
DALILA_210440051_Bab I.pdf Download (732kB) |
|
|
Text
DALILA_210440051_Daftar Pustaka.pdf Download (503kB) |
|
|
Text
SKRIPSI DALILA.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas, pengetahuan, dan pendapatan terhadap keputusan pedagang dalam membayar zakat, dengan fokus pada pedagang yang beroperasi di Pasar Paya Ilang Takengon. Zakat merupakan bagian dari kewajiban umat Islam yang memiliki kemampuan ekonomi, namun pelaksanaan zakat sering kali dipengaruhi oleh berbagai faktor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis data yang diperoleh melalui survei kepada pedagang di Pasar Paya Ilang sebanyak 75 responden dan diolah menggunakan alat statistic SPSS 26 (Stastistical Program For Social Science). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel religiulitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pedagang dalam membayar zakat di Pasar Paya Ilang Takengon dengan nilai t hitung > t table 3.630l>1.666 dan nilai sig 0l.0l0l2< 0l.0l5 secara persial dan secara simutan dengan nilai sig 0l.0l0l0l<0l.0l5 dan nilai f hitumg 22.0l42>2.50l. Variabel pengetahuan menunjukkan bahwa nilai t hitung > t table 3.630l>1.666 dan nilai sig 0l.0l0l1< 0l.0l5 secara persial dan secara simutan dengan nilai sig 0l.0l0l0l<0l.0l5 dan nilai f hitumg 22.0l42>2.50l.Variabel pendapatan menunjukkan bahwa nilai t hitung > t table 2.957>1.666 dan nilai sig 0l.0l0l4< 0l.0l5 secara persial dan secara simutan dengan nilai sig 0l.0l0l0l<0l.0l5 dan nilai f hitumg 22.0l42>2.50l. Pengetahuan tentang zakat juga terbukti mempengaruhi keputusan pedagang, dengan pedagang yang memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai zakat cenderung lebih aktif dalam menunaikan kewajibannya. Selain itu, pendapatan pedagang juga berpartisipasi dalam keputusan pembayaran zakat, dimana pedagang dengan pendapatan yang lebih tinggi memiliki kecenderungan lebih besar untuk membayar zakat. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pemahaman mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembayaran zakat di kalangan pedagang pasar, serta memberikan wawasan bagi lembaga zakat dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi. Kata Kunci: Religiulitas, Pengetahuan, Pendapatan, Keputusan Pedagang dalam Membayar Zakat
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HJ Public Finance H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 60202 - Jurusan Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Dalila Dalila Dalila |
| Date Deposited: | 25 Apr 2025 09:23 |
| Last Modified: | 25 Apr 2025 09:23 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |






