KARISMAYANI, KARISMAYANI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI KIMIA BENTUK MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover .pdf

Download (36kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Skripsi Karismayani_013326 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK KARISMAYANI: Pengembangan Media Pembelajaran Terpadu Augmented Reality berbasis Android pada Materi Kimia Molekuler untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Program Studi Pendidikan Kimia Universitas FKIP Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran terintegrasi Augmented Reality pada bahan kimia molekuler dan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan, yang dikenal sebagai Penelitian dan Pengembangan (R&D). Model yang diterapkan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), yang terdiri dari lima tahap pengembangan. Tahap pertama dalam model ADDIE adalah Analysis, pada tahap ini dilakukan analisis permasalahan yang ada di sekolah riset dan juga analisis kebutuhan yang digunakan dalam pengembangan media dan mempertimbangkan bahan yang sesuai. Tahap selanjutnya adalah tahap Desain, di mana bahan-bahan yang diperlukan untuk pengembangan media dikumpulkan, diikuti dengan desain awal. Desain awal media pembelajaran kemudian divalidasi pada tahap Pengembangan oleh validator ahli. Dalam penelitian ini, media divalidasi oleh dua validator yang terdiri dari dua dosen dari Universitas Malikussaleh. Selain itu, pada tahap ini, kelayakan media juga divalidasi oleh dua guru kimia dari SMA Negeri 1 Lhokseumawe. Media kemudian direvisi berdasarkan saran dan perbaikan dari validator ahli. Tahap selanjutnya adalah Implementasi, di mana dilakukan tes pada siswa untuk mengevaluasi respon mereka terhadap media pembelajaran. Pada tahap ini, mahasiswa diberikan lembar pertanyaan untuk memahami konsep bentuk molekul dengan menggunakan metode One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu dengan mengerjakan soal sebelum dan sesudah perawatan. Tahap terakhir dalam penelitian ini adalah Evaluasi, di mana dilakukan perbaikan pada media yang telah dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemudahan penggunaan produk. Berdasarkan hasil penelitian, validasi ahli memperoleh skor 4,39 dengan kategori “Sangat Baik”, dan reaksi siswa terhadap materi pembelajaran yang dibuat juga memperoleh skor 4,77 dengan kategori sama. Temuan ini mendukung kesimpulan bahwa materi pendidikan yang dibuat layak digunakan siswa sebagai pengganti selama proses pembelajaran. Selain itu, survei ini menunjukkan bahwa pemahaman konseptual siswa mengalami peningkatan, dari kategori “Rendah” skor 56,82 ke kategori “Sedang” skor 76,29. Hasil N-gain juga menunjukkan bahwa 6 siswa mengalami peningkatan pada kategori "Tinggi", 44 siswa mengalami peningkatan pada kategori "Sedang" dan 16 siswa pada kategori "Rendah" setelah penggunaan Media Pembelajaran Terpadu Augmented Reality. Kata kunci: ADDIE, Augmented Reality, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Karismayani Karismayani
Date Deposited: 21 Apr 2025 06:31
Last Modified: 21 Apr 2025 06:31
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11065

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by