SAFIRA, MUNAYA (2025) PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) (Studi di Kantor Kepolisian Resort (Polres) Lhokseumawe). S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (66kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang ana pelayanan publik dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) studi di Kantor Kepolisian resort (Polres) Lhokseumawe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran Pelayanan publik dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Lhokseumawe di Kepolisian Resort (Polres) Lhokseumawe terfokus pada tangibel (berwujud) dan Responsivines (Ketanggapan). Serta untuk mengetahui faktor Penghambat pelayanan publik dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kepolisian Resort (Polres) Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara dengan 10 orang narasumber yaitu para petugas yang berada di Kantor Polres Lhokseumawe dan masyarakat pemohon SIM. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Tangible (berwujud) yaitu sarana dan prasaran yang disediakan oleh pihak Kepolisian Resort (Polres) Lhokseumawe memadai dan dapat menjaga kenyamanan masyarakat yang membuat SIM. 2) Responsiveness (ketanggapan) waktu yang dibutuhkan dalam tes teori pembuatan SIM selama 15 menit, pada ujian praktik SIM A dan SIM B 60 menit dan SIM C 35 menit, kemudian pada proses indentifikasi selama 20 menit dan pada produksi selama 5 menit. Namun hal ini tergantung dengan bagaimana kemampuan dari masyarakat dalam menjalankan ujian seperti ujian teori dan ujian praktik. Kemudian hambatan pelayanan publik dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kepolisian Resort (Polres) Lhokseumawe yaitu Ruang tunggu yang disediakan sempit jadi masyarakat merasa kesulitan jika terdapat banyak masyarakat yang datang dan kurangnya mesin cetak untuk membuat SIM. Dari hasil penelitian tersebut peneliti melihat bahwasannya diharapkan kepada pihak Kepolisian Resort (Polres) Lhokseumawe dapat mencari solusi terkait ruang tunggu yang sempit agar masyarakat tidak kesulitan serta menambahkan mesin cetak dan juga mesin foto agar pelayanan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Kata Kunci: Pelayanan, Pelayanan Publik dan Surat Izin Mengemudi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: Munaya Safira
Date Deposited: 17 Apr 2025 02:51
Last Modified: 17 Apr 2025 02:51
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11000

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by