Dyah, Khairunnnisa (2025) PENGARUH STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_DYAH KHAIRUNNISA-210720036.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan strategi Active Knowledge Sharing yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Kognitif dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Ikatn Kimia.penelitian ini menggunakan desain Strategi pembelajaran ini didefinisikan sebagai pembelajaran yang menekankan peserta didik untuk belajar secara aktif. Dengan kata lain, peserta didik berusaha mendapatkan informasi untuk menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Intact Group Comparison. Penelitian ini dilakukan di SMAS Syamsuddhuha pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling Dimana masing-masing kelas berjumlah 20 orang peserta didik. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu soal dan lembar observasi, sebelum dilakukannya penelitian instrument tersebut harus diuji coba dengan kelompok pesserta didik yang sudah menerima materi tersebut. Jenis uji yang dilakukan yaitu uji validitas, reliabilitas, Tingkat kesukaran dan daya beda soal. Berdasarkan beberapa uji yang telah dilakukan terdapat 16 soal yang dinyatakan valid, serta lembar observasi yang dinyatakan valid. Hasil penelitian yang diperoleh hasil kognitif dan aktivitas belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang telah diberikan perlakuan menggunakan strategi Active Nowledge Sharing lebih baik dibandingkan peserta didik yang berada di kelas kontrol. Hasil kognitif dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 72,50, sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 56,25. Hasil lembar observasi aktivitas belajar pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,22, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 40,47. Berdasarkan hasil uji normalitas, dan homogenitas data penelitian berdistribusi normal dan homogen. Terdapat hasil uji-t pada hasil kogniitif peserta didik dengan nilai sig. (2tailed) 0,000 < 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan untuk hasil aktivitas belajar peserta didik terdapar hasil uji-t dengan nilai sig. (2tailed) 0,000 < 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga pada penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh strategi Active Knowledge Sharing terhadap hasil kognitif dan aktivitas belajar peserta didik pada materi ikatan kimia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.pd Dyah Khairunnisa |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 01:57 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 01:57 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10974 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |