DEAN, NOUFAL ZIDAN (2022) PENGARUH JUMLAH KENDARAAN TERHADAP KERUSAKAN JALAN ASPAL KELAS II (STUDI KASUS : JALAN MEDAN-BANDA ACEH KABUPATEN ACEH TAMIANG). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Skripsi V5-1.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Skripsi V5-19-22.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Skripsi V5-71-74.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Skripsi V5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

PENGARUH JUMLAH KENDARAAN TERHADAP KERUSAKAN JALAN ASPAL KELAS II (STUDI KASUS : JALAN MEDAN-BANDA ACEH KABUPATEN ACEH TAMIANG) Dean Noufal Zidan 160110110 Pembimbing Utama : T. M. Ridwan, ST., MT Pembimbing Pendamping : Syarifah Asria Nanda, ST., MT Ketua Penguji : Said Jalalul Akbar, ST., MT Anggota Penguji : Teuku Mudi Hafli, ST., MT ABSTRAK Jalan Medan - Banda Aceh merupakan jalan utama transportasi darat yang dilintasi berbagai jenis kendaraan baik dari dalam maupun dari luar kabupaten aceh tamiang dimana kondisi ini mempengaruhi kerusakan jalan yang terjadi. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh volume kendaraan terhadap kerusakan jalan di ruas ini. Penelitian yang dilakukan meliputi survei mengenai volume lalu lintas, data kerusakan jalan, dan data waktu, Panjang segmen lokasi penelitian 6 Km yang dibagi menjadi 4 segmen jalan dengan panjang masingmasing 1,4 Km, 1,1 Km, 2 Km, dan 1,5 Km. Setelah dilakukannya pengamatan di lapangan maka metode penelitian digunakan untuk volume kendaraan mengikuti prosedur MKJI 1997, untuk kerusakan jalan mengikuti Metode Bina Marga, sementara data waktu didapat dari waktu terakhir perkerasaan tersebut diperbaiki dan untuk analisis data selanjutnya untuk mengetahui pengaruh volume kendaraan dan kerusakan jalan menggunakan regresi metode dengan SPSS 25.0. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan yang terjadi didominasi oleh kerusakan tamabalan dan retak, dengan nilai kerusakan dengan nilai 11, 64, 72, 67 per segmen. Volume kendaraan yang diperoleh yaitu 2659,2 smp/jam, 2853,2 smp/jam, 2596,9 smp/jam, 2953,1 smp/jam per segmen dan hasil yang didapat dari perbandingan terebut Y = (- 0,089).X1 + (- 0,017).X2 + 1206,853, dengan regresi linier (adjusted R 2 ) atau korelasi antara variabel X dengan Y yaitu 0.997, yang menunjukkan besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan prosentase sebesar 97,7 %. Kata kunci : Volume Kendaraan, Kerusakan Jalan, Bina Marga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana > 22101 - Magister Teknik Sipil
Depositing User: Khairiati Khairiati
Date Deposited: 20 Mar 2025 01:35
Last Modified: 20 Mar 2025 01:35
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by