Nasution, Muhammad Akbar (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK TERHADAP SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
MUHAMMAD AKBAR NASUTION_200710058_Cover.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
MUHAMMAD AKBAR NASUTION_200810058_Abstrak.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
MUHAMMAD AKBAR NASUTION_200710058_Bab I.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
MUHAMMAD AKBAR NASUTION_200710058_Daftar Pustaka.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
MUHAMMAD AKBAR NASUTION_200710058_ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK TERHADAP SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS).pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Akbar Nasution: Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Terhadap Soal Higher Order Thingking Skill (HOTS).Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas XI IPAS 2 di SMAN 2 Sawang dalam menyelesaikan soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi bangun ruang sisi lengkung, khususnya tabung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui tes tertulis berbentuk soal HOTS dan wawancara terstruktur dengan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik secara keseluruhan tergolong sangat baik. Indikator pertama, yaitu kemampuan menggunakan angka dan simbol terkait matematika dasar dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari, mencapai ketercapaian sebesar 88,89%. Indikator kedua, yaitu kemampuan menganalisis informasi dalam berbagai bentuk seperti (grafik, tabel, atau bagan, dan sebagainya), memiliki persentase ketercapaian sebesar 90,97%. Namun, pada indikator ketiga, yaitu menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan, persentase ketercapaiannya lebih rendah, yaitu 72,92%, yang berada dalam kategori baik. Ditemukan bahwa beberapa peserta didik masih menghadapi kesulitan dalam menyimpulkan hasil analisis secara tepat akibat kurangnya ketelitian dalam membaca soal dan terburu-buru dalam memberikan jawaban. Kesulitan utama lainnya meliputi kendala dalam operasi perhitungan dan mengingat rumus matematika. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi guru untuk meningkatkan inovasi pembelajaran guna membantu peserta didik mengembangkan kemampuan literasi numerasi secara optimal, terutama pada soal tipe HOTS yang memerlukan pemahaman mendalam dan penalaran kritis. Kata kunci: HOTS, bangun ruang sisi lengkung, kemampuan literasi numerasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhammad Akbar Nasution |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 07:24 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 07:24 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |