Akmal, Syahrul (2025) STUDI PEMANFAATAN LIMBAH AMPAS TEBU SEBAGAI FILLER PADA ASPAL PORUS DENGAN BAHAN TAMBAH GILSONITE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Abstak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Genangan air di atas permukaan jalan pada saat hujan yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan durasi waktu cukup lama mengakibatkan gangguan menyebabkan kekuatan dan ketahanan jalan tersebut menjadi rendah, sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan. Pada penelitian digunakan penambahan bahan tambah gilsonite dan bahan substitusi limbah ampas tebu sebagai filler untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya variasi penambahan gilsonite dan bahan substitusi limbah ampas tebu sebagai filler yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi pengujian parameter marshall dan permeabilitas pada lapisan aspal berpori. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode ekperimental yang bersifat deduktif. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu penambahan gilsonite dan bahan substitusi limbah ampas tebu sebagai filler, menunjukkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penambahan bahan tambah gilsonite dan bahan substitusi limbah ampas tebu sebagai filler meningkatkan kinerja campuran pada aspal porus. Peningkatan nilai stabilitas tertinggi pada variasi 4% sebesar 934 kg. Nilai stabilitas dan MQ menunjukan perubahan yang signifikan, sedangkan nilai flow, VFA VMA VIM dan Density tidak berubah secara signifikan. Hasil untuk kinerja fungsi rembesan dan kekuatan didapatkan pada bahan tambah gilsonite dan bahan substitusi limbah ampas tebu sebagai filler variasi 3% yaitu dengan waktu yang dialirkan 10,01 detik/liter dan koefisien permeabilitas 0,040 (cm/s) dan dengan nilai marshall pada variasi 3% yaitu density sebesar 2,027 gr/cm3, Void In Mix (VIM) 18,19%, stabilitas sebesar 904 kg, flow sebesar 4,31 mm, Marshall Quotient (MQ) sebesar 228 kg/mm.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Syahrul Akmal
Date Deposited: 12 Mar 2025 03:13
Last Modified: 12 Mar 2025 03:13
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10750

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by