BERUTU, NAUFAL FARHAN NIBRAS (2024) ANALISIS USER EXPERIENCE MOBILE LEGEND MENGGUNAKAN KOLABORASI TEORI NIELSEN DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
COVER.pdf

Download (116kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (337kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Mobile legends merupakan salah satu game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang sangat popular di Indonesia. Dirilis pada tahun 2016, game ini semakin popular di seluruh dunia, terutama di wilayah Asia Tenggara dan sejak itu telah malampaui 1 miliar kali unduhan dengan puncak pemain bulanan sebanyak 100 juta. Di Indonesia sampai ada organisasi e-Sports atau electronic sports (olah raga elektronik) yang menggunakan Mobile Legends sebagai game yang dipertandingkan. Berbekal popularitas yang semakin melejit, banyak kompetisi-kompetisi e-Sports termasuk game Mobile Legends yang digelar di Indonesia. Berdasarkan data dari halaman website activeplayer.io menyatakan bahwa rata-rata pemain bulanan dalam waktu 30 hari terakhir ini berjumlah sebesar 79,9 Juta dan rata-rata pemain harian dalam waktu 30 hari terakhir ini berjumlah 23,7 Juta. Berdasarkan laporan dari “State of Mobile 2023” data.ai , penggunaan Mobile Legends paling banyak digunakan penggunanya dalam menghabiskan waktu dengan total 703 juta/jam. Namun hal ini sangat disayangkan, karena rating Mobile Legends di Google PlayStore masih 3,6. Oleh karena itu perlu dilakukannya pengujian untuk mengevaluasi tingkat usability dari aplikasi Mobile Legends. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan dari para pengguna dalam menggunakan aplikasi Mobile Legends. Dari data diatas diperoleh nilai rata-rata keseluruhan data yaitu sebesar 55,47. Berdasarkan ketentuan letter grades system usability scale (SUS) rentang niali yang berada dalam rentang 51 – 68 dimana rentang nilai tersebut masuk kedalam kategori “D” dengan adjective ratung “Poor”. Kata Kunci : Mobile Legends, System Usability Scale (SUS), Teori Nielsen

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi
Depositing User: NAUFAL FARHAN NIBRAS BERUTU
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:42
Last Modified: 11 Mar 2025 06:42
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10737

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by