JANNAH, ROUZATUL (2024) IMPLEMENTASI BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS IT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI UDAH CETAK.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
ABSTRAK ROUZATUL JANNAH: Implementasi Bahan Ajar Kimia Berbasis IT Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dan keterampilan kolaborasi yang diajarkan dengan bahan ajar kimia berbasis IT pada materi kimia hijau dikelas X1 dan X2 di SMAN 4 Lhokseumawe. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental dan desain penelitian Non Equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik yang ada di kelas X (sepuluh) dengan total 65 orang. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas X1 (19 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 (20 orang) sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara non-probability sampling yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian dianalisis menggunakan bantuan Anates V4 (2021) yang digunakan untuk menilai kemampuan kognitif menggunakan soal tes yang sudah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda, sedangkan untuk melihat keterampilan kolaborasi menggunakan lembar observasi yang diberikan kepada observer (pengamat). Hasil pengujian hasil belajar kognitif menggunakan independent sample t test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai N-Gain score kelas eksperimen 0,62 dengan kriteria cukup efektif sedangkan nilai N-Gain score kelas kontrol 0,02 dengan kategori rendah, dan pengujian keterampilan kolaborasi dari hasil uji Independent Sample T Test diketahui bahwa nilai Sig (2-tailed) terdapat 0,049 < 0,05 dan nilai N-Gain score kelas eksperimen 0,81 dengan kriteria sangat efektif sedangkan nilai N-Gain score kelas kontrol 0,55 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kimia berbasis IT pada kelas eksperimen dapat meningkat kan kemampuan kognitif dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Kata Kunci: Bahan Ajar Kimia Berbasis IT, Kemampuan Kognitif, Keterampilan Kolaborasi ABSTRACT ROUZATUL JANNAH: Implementation of IT-Based Chemistry Teaching Materials on Enhancing Students' Cognitive Abilities and Collaborative Skills. Malikussaleh University FKIP Chemistry Education Study Program, 2024. This study aims to determine the improvement of cognitive abilities and collaboration skills taught with IT-based chemistry learning materials on green chemistry topics in classes X1 and X2 at SMAN 4 Lhokseumawe. The approach used in this study is a quantitative approach. The method empl oyed is an experimental method with a quasi-experimental research design and a non-equivalent control group design. The population in this study consists of all students in class X (grade 10) with a total of 65 students. The research samples are 2 classes: class X1 (19 students) as the experimental group and class X2 (20 students) as the control group. Sampling was conducted using non-probability sampling, specifically purposive sampling. The research instruments were analyzed using Anates V4 (2021), which was used to assess cognitive abilities through a test that has been validated for validity, reliability, difficulty level, and discriminating power. Meanwhile, collaboration skills were assessed using an observation sheet provided to the observer. The results of the cognitive learning test, analyzed using an independent sample t-test, showed a sig (2-tailed) value of 0.000 < 0.05, with an N-Gain score of 0.62 for the experimental class (categorized as moderately effective), and an N-Gain score of 0.02 for the control class (categorized as low). The collaboration skills test results, also analyzed using an independent sample t-test, showed a Sig (2-tailed) value of 0.049 < 0.05, with an N-Gain score of 0.81 for the experimental class (categorized as very effective) and an N-Gain score of 0.55 for the control class (categorized as moderate). Based on these results, it can be concluded that IT-based chemistry learning materials in the experimental class can improve students' cognitive abilities and collaboration skills. Keywords: IT-Based Chemistry Teaching Materials, Cognitive Abilities, Collaboration Skills.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
Depositing User: | rouzatul jannah |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 01:40 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 01:40 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10704 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |