NURA, ZAHRI (2025) PEMANFAATAN MODAL SOSIAL PADA PRODUKSI DAN DISTRIBUSI USAHA DODOL (STUDI KASUS KECAMATAN TANJUNG PURA KABUPATEN LANGKAT). S1 thesis, UNVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
COVER ZAHRI NURA.pdf

Download (78kB)
[img] Text
ABSTRAK ZAHRI NURA.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB I ZAHRI NURA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ZAHRI NURA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
SKRIPSI ZAHRI NURA LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat di Desa Paya Perupuk Kecamatan Tanjung Pura sebagian bermata pencaharian sebagai pengrajin dan pedagang dodol. Namun pengrajin mengalami kesulitan dalam berbisnis usaha dodol, salah satunya ketersediaan bahan baku yang kurang memadai, hingga kesulitan dalam pemasarannya. Pengrajin dodol memanfaatkan modal sosial yang tersedia agar bisa mempertahankan usahanya. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan bertujuan memahami bagaimana pemanfaatan modal sosial pengrajin dodol Tanjung Pura dalam produksi dan distribusi dodol dan upaya pengrajin dan pedagang dodol dalam mempertahankan usaha dodol. Penelitian ini menggunakan teori modal sosial menurut Putnam. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan modal sosial pengrajin dodol Tanjung Pura dalam produksi dan distribusi dodol adalah (a) pengrajin dodol membangun jaringan dalam memperoleh bahan baku dengan bekerjasama para pemasok bahan baku mulai pedagang kelontong yang menyediakan tepung ketan, pandan, wijen, dan bekerjasama dengan pemasok gula aren, buah kelapa, durian dari daerah lain. Hubungan kerjasama ini didasari oleh kepercayaan dan terdapat aturan yang disepakati dalam bekerjasama, (b) pengrajin dodol membangun jaringan kerjasama dengan pedagang dodol di desanya, distributor dodol yang memasarkan dodol ke luar daerah, pedagang dodol di Aceh maupun Medan. Hubungan kerjasama yang dibangun karena atas kepercayaan dan adanya aturan yang telah disepakati dalam bekerjasama memasarkan dodol. Upaya pengrajin dan pedagang dodol dalam mempertahankan usaha dodol yaitu (a) menjaga kualitas dodol dilihat dari rasa yang masih nikmat, tidak berjamur, dan kebersihan kemasan, melakukan pemasaran dodol melalui e-commerce, dan memproduksi dan memasarkan sendiri dodolnya pada tempat usahanya, (b) berjualan dodol setiap hari dan memberikan penanda pada tempat usahanya dan menyediakan dagangan lainnya selain dodol pada tempat usaha dodol. Kata Kunci: Modal Sosial, Pengrajin Dodol, Pedagang Dodol Tanjung Pura

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201 - Jurusan Sosiologi
Depositing User: ZAHRI NURA
Date Deposited: 10 Mar 2025 02:57
Last Modified: 10 Mar 2025 02:57
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10679

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by