Azuhra, Putri (2025) PENGEMBANGAN USAHA SOUVENIR ACEH MELALUI PLATFORM DIGITAL DI KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
COVER_PUTRI_AZUHRA[1].pdf

Download (29kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI_PUTRI_AZUHRA_200210107[1].pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI_PUTRI_AZUHRA_200210107[1].pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAPUS SKRIPSI_PUTRI_AZUHRA_200210107[1].pdf

Download (80kB)
[img] Text
SKRIPSI_PUTRI_AZUHRA_200210107[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari pengembangan usaha souvenir adalah untuk dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan melestarikan kebudayaan lokal suatu daerah. Pengembangan usaha souvenir juga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah karena dapat menyerap banyak tenaga kerja pada proses produksinya, selain untuk mengatasi permasalahan ekonomi. Usaha bidang produksi kerajinan bordir motif Aceh sangat prospek dan potensial untuk dikembangkan. Usaha industri kerajinan motif Aceh tergolong industri rumahan (home industry), sehingga tempat usaha berada dirumah, dengan menjadikan ruang tamu sebagai tempat produksi dan juga sebagai tempat pemajangan/gallery hasil produksi kerajinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi pengembangan usaha souvenir aceh melalui platform digital di Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di di Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran pemilik usaha khususnya perusahaan souvenir dalam mengembangkan usaha diantaranya: pertama, pemilik usaha menerapkan ilmu teknologi untuk mempromosikan usahanhya melaui via yang ada dalam media sosial. Kedua, Menerapkan kepada karyawan agar selalu menjaga kerapian dalam bekerja. Ketiga, Selalu menyiapkan barang yang dibutuhkan agar pembeli tidak terputus. Keempat, Menjaga mutu kualitas barang. Faktor pendukung pada usaha suvenir diantaranya yaitu modal usaha, tenaga kerja yang terampil, dan lokasi yang strategis. Sedangkan untuk faktor penghambatnya meliputi kurang memiliki pemahaman mengenai pangsa pasar, desain produk kurang optimal, penjualan online kurang efektif, kurangnya kesadaran bahwa tekanan pesaing sangat kuat, dan semakin banyaknya pengrajin suvenir Aceh.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: PUTRI AZUHRA
Date Deposited: 10 Mar 2025 02:09
Last Modified: 10 Mar 2025 02:09
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10654

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by