SAFITRI, NYI (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI QUIZIZZ QR-CODE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
COVER NYI SAFITRI.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK NYI SAFITRI.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
BAB I NYI SAFITRI.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA NYI SAFITRI.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NYI SAFITRI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
NYI SAFITRI : Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Quizizz QR-Code. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Belum maksimalnya ketercapaian kemampuan berpikir kritis maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Berdiferensiasi melalui Quizizz QR-Code terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pesawat sederhana di SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (mix methods) dengan desain penelitian Quasi Eksperimental yang melibatkan 40 peserta didik yaitu 20 peserta didik kelas VIII-U sebagai kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas VIII-A sebagai kelas kontrol serta 6 guru IPA. Data dianalisis menggunakan metode explanatory sequential. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah intrumen tes berupa soal pretest dan posstest berbentuk pilihan ganda beralasan sebanyak 5 butir soal juga instrumen non tes berupa angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Berdiferensiasi melalui Quizizz Qr – Code yang disesuaikan gaya belajar (audio-visual dan visual-kinestetik) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain 0,59 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain 0,73. Hasil uji hipotesis diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,021 dengan taraf signifikan 0,05. Dari asumsi nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 menyatakan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan diterapkan pembelajaran Berdiferensiasi disesuaikan dengan gaya belajar pada model Discovery Learning melalui Quizizz Qr-Code pada materi pesawat sederhana didukung dari hasil respon angket memperoleh nilai 80,03% dengan kategori sangat menarik dan hasil wawancara. Kata Kunci : pembelajaran Berdiferensiasi, kemampuan berpikir kritis peserta didik, Quizizz Qr – Code
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nyi Safitri |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 02:41 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:41 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |