Afla, Nurul (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Nurul Afla_200710031_Cover.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
Nurul Afla_200710031_Abstrak.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
Nurul Afla_200710031_Bab1.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
Nurul Afla_200710031_Daftar Pustaka.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
Nurul Afla_200710031_Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Lhokseumawe.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa antara lain adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dan siswa kurang mendapatkan kesempatan untuk melatih kemampuan pemecahan masalahnya. Oleh karena itu, diperlukannya model pembelajaran yang dapat memudahkan siswa secara aktif menyelesaikan permasalahan matematis dan meningkatkan disposisi matematis siswa. Salah satunya adalah penggunaaan model pembelajaran missouri mathematics project. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control grup posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 7 Lhokseumawe. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling, dimana kelas X-TKR sebagai kelas eksperimen dan kelas X-PGL sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan angket. Tes yang digunakan berupa posttest untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan angket untuk melihat disposisi matematis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan independent sampel t test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data posttest dan angket didapatkan nilai sig (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Kata Kunci: Missouri Mathematics Project, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Afla |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 02:25 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 02:25 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |