Fitri, Salma (2024) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kiritis Matematis Siswa Kelas VII di MTsN 1 Bener Meriah. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
SALMA FITRI_200710068_Cover.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
SALMA FITRI_200710068_Abstrak.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
SALMA FITRI_2007100068_Bab I.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
SALMA FITRI_200710068_Daftar Pustaka.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
SALMA FITRI_200710068_Full.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan perbedaan gaya belajar antar siswa. Oleh karena itu perlu adanya metode pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan setiap siswa. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memenuhi semua kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas VII MTs Negeri 1 Bener Meriah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Negeri 1 Bener Meriah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan terpilihnya kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest untuk melihat kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan lembar obsevasi untuk melihat aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Pengujian hipotesis menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dari data pretest dan posttest didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII pada materi bilangan pecahan di MTs Negeri 1 Bener Meriah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Salma Fitri |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 02:24 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 02:24 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |