Pratiwi, Aulia Ade (2025) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGURUSAN E-KTP PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TAPANULI TENGAH. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] Text
ADE AULIA PRATIWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan adalah kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, melalui pelayanan ini keinginan dan kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dalam proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain. Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik, pemerintahan dan pembangunan. Penelitian yang berjudul “Implementasi Kebijakan Pengurusan Penerbitan Dokumen Kependudukan Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencantatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah" memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana Bagaimana Implementasi Kebijakan Undang-Undang No 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan dalam pembuatan E-KTP dan Faktor Penghambat Pembuatan E-KTP. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang terjadi pada pengurusan dokumen kependudukan khususnya E-KTP yaitu pelayanan di kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil belum optimal, sikap pegawai yang kurang ramah kepada masyarakat serta adanya perbedaan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat serta sering blangko E-KTP yang kosong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dan menganalisis mplementasi Kebijakan Undang-Undang No 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependududukan dalam Pembuatan E-KTP. Penelitian ini menggunakan teori George C. Edward III yaitu Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Data akan dianalisa dengan menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa implementasi pelayanan dalam pengurusan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Tapanuli Tengah sudah dilakukan dengan maksimal, namun ada beberapa kendala yang menyebabkan pengurusan E-KTP menjadi terhambat. Kendala tersebut adalah terbatasnya ketersediaan blangko dalam proses pembuatan E-KTP, kurangnya partisipasi masyarakat pada pembuatan E-KTP secara online, dan sumber daya aparatur. Kata Kunci : Pelayanan, Administrasi Kependudukan, E-KTP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: Ade Aulia Pratiwi
Date Deposited: 03 Mar 2025 06:31
Last Modified: 03 Mar 2025 06:31
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10465

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by