Elvida, Mawar (2025) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, universitas malikussaleh.

[img] Text
(2020_MAWAR ELVIDA_200730010 cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
(2020_MAWAR ELVIDA_200730010 oke-abstrak.pdf

Download (245kB)
[img] Text
(2020_MAWAR ELVIDA_200730010 bab 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
(2020_MAWAR ELVIDA_200730010 dapus.pdf

Download (241kB)
[img] Text
(2020_MAWAR ELVIDA_200730010 oke.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK MAWAR ELVIDA: Penerapan Problem Based Learning Menggunakan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa. Program Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning menggunakan ice breaking mampu meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada materi Usaha dan Energi di SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen. Penelitian eksperimen merupakan penelitian yang dilakukan dengan mengadakan manipulasi terhadap objek penelitian, serta diadakannya kontrol terhadap variabel tertentu. Jenis eksperimen yang digunakan adalah bentuk Quasi Experimental Design, yang merupakan jenis desain yang memiliki kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Desain ini hampir sama dengan dengan pre-test and posttest control group design, hanya saja pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dibandingkan namun sample diambil secara tidak acak. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan Uji N-gain pada kelas eksperimen dikategorikan sedang dengan nilai uji sebesar 0,74, sedangkan pada kelas control diperoleh uji N-gain dengan kategori sedang dengan nilai uji 0,64. Hasil peningkatan motivasi diperoleh sebesar 3.54 dikelas control sedangkan dikelas eksperimen di peroleh sebesar 3.84. Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa model Problem Based Learning berbantuan Ice Breaking berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Ice Breaking, Usaha dan Energiii ABSTRACT MAWAR ELVIDA : The Application Of Problem-Based Learning Using Ice Breaking To Improve Learning Outcomes And Student Learning Motivation. Physics Education Study Program, FKIP Malikussaleh University, 2024. This study is a study that aims to find out whether the problem-based learning model using ice breaking is able to improve learning outcomes and student motivation in Business and Energy material at SMP Negeri 1 Lhokseumawe. The research method used in this study is the Experimental method in the form of Quasi Experimental Design. The sampling technique was using a simple random sampling technique involving 52 students consisting of 26 students of class VIII B (Control Class) and 26 students of class VIII H (Experimental Class). The data analysis techniques used in this study are descriptive analysis and hypothesis testing. The results showed that the N-gain test in the experimental class was categorized as moderate with a test value of 0.74, while in the control class, the N-gain test was obtained with a moderate category with a test value of 0.64. The result of increasing motivation was obtained by 3.54 in the control class while in the experimental class it was obtained by 3.84. So it was concluded that the Problem Based Learning model assisted by Ice Breaking has an effect on improving learning outcomes and student motivation. Keywords : Problem Based Learning, Ice Breaking, improving learning outcomes, motivation.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Mawar Elvida mawar
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:21
Last Modified: 27 Feb 2025 02:21
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10414

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by