Alfiatunnur, Alfiatunnur (2024) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANAH LUAS. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
cover alfiatunnur .pdf

Download (38kB)
[img] Text
abstrak alfi.pdf

Download (170kB)
[img] Text
bab 1 alfi.pdf

Download (84kB)
[img] Text
dapus alfi.pdf

Download (310kB)
[img] Text
SKRIPSI CETAK ALFI bit.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ALFIATUNNUR: Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanah Luas. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam interaksi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2 Tanah Luas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini adalah kalimat yang dituturkan oleh guru ke siswa dan siswa ke siswa dalam interaksi pada pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan guru SMP Negeri 2 Tanah Luas. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik observasi, teknik rekam, teknik simak, dan teknik catat. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan keimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesantunan berbahasa dalam interaksi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2 Tanah Luas yaitu, Interaksi guru ke siswa dalam tuturan deklaratif terdapat pematuhan pada maksim kebijaksanaan, maksim kesetujuan, maksim kesimpatian, dan pada maksim penerimaan sedangkan pelanggaran terdapat pada maksim kebijaksanaan. Dalam tuturan interogatif terdapat pematuhan pada maksim kesimpatian, maksim kesetujuan, maksim kedermawanan, maksim penerimaan, maksim kebijaksanaan dan pelanggaran terdapat pada maksim kesetujuan dan maksim kesimpatian. Dalam tuturan imperatif terdapat pematuhan pada maksim kedermawanan, maksim kebijaksanaan, dan maksim kesetujuan sedangkan pelanggaran terdapat pada maksim kesetujuan dan maksim kebijaksanaan. Dalam tuturan ekslamatif terdapat pematuhan pada maksim penerimaan. Kesantunan berbahasa dalam interaksi siswa ke siswa dalam tuturan deklaratif terdapat pematuhan pada maksim kebijaksanaan sedangkan pelanggaran terdapat pada maksim kedermawanan. Dalam tuturan imperatif terdapat pelanggaran pada maksim kerendahan hati, dan maksim kebijaksanaan. Kata Kunci: kesantunan, berbahasa, interaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201 - Jurusan Sastra Indonesia
Depositing User: Alfiatunnur Alfiatunnur
Date Deposited: 25 Feb 2025 06:30
Last Modified: 25 Feb 2025 06:30
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10346

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by