PRATAMA, FAUZAN (2025) ANALISIS GAP ARUS LALU LINTAS PADA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL (STUDI KASUS : JALAN SIMPANG ELAK, IAIN LHOKSEUMAWE). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover.pdf

Download (105kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
FAUZAN PRATAMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Simpang Elak kota Lhokseumawe merupakan simpang yang letaknya di jalan Nasional yaitu jalan Medan – Banda Aceh yang merupakan jalan lintas provinsi. Simpang Elak Kota Lhokseumawe melayani arus lalu lintas dari berbagai arah yaitu jalan lintas Medan – Banda Aceh, dan jalan Elak. Pengendalian dalam mengurangi sela kritis (Critical Gap) dengan petunjuk jalan jelas seperti rambu-rambu lalu lintas juga perilaku lalu lintas sangat berpengaruh terhadap kinerja simpang maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui kinerja Simpang Tiga IAIN Malikussaleh pada kondisi eksisting dan untuk mengetahui kondisi sela kritis (Critical Gap) agar dapat diatasi dan para pengguna jalan yang melintas akan merasa lebih aman dan nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kinerja Simpang dan mengetahui besarnya Critical Gap yang diterima dan yang ditolak pada simpang. Adapun survei arus lalu lintas yang dilakukan selama 1 minggu dimulai dari jam 07.00 - 18.00 WIB. Dan dilanjutkan dengan pengambilan data geometrik, selanjutnya dilakukan analisis kinerja simpang menggunakan Pedoman kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014) dan pengukuran tingkat pelayanan diukur berdasarkan PKJI 2014. Hasil analisis Kinerja simpang Elak, Iain Lhokseumawe dengan derajat kejenuhan (Dj) = 0.87 maka digolongkan tingkat pelayanan simpang Elak Lhokseumawe E yaitu Arus mendekati tidak stabil dengan volume lalu lintas mendekati kapasitas jalan dan kecepatan sekurang-kurangnya 30 km per jam pada jalan antar kota dan sekurang-kurangnya 10 km perjam pada jalan perkotaan. Berdasarkan hasil gap kritis dari Kedua metode selama satu minggu untuk di Jalan Elak Lhoksemawe yang dipilih nilai gap kritis rata-rata dari metode Raff adalah 4,8 detik, Sedangkan metode Greenshields dengan nilai Gap kritis sebesar 5,0 detik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: fauzan pratama
Date Deposited: 25 Feb 2025 01:49
Last Modified: 25 Feb 2025 01:49
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10281

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by