Putri, Adelia (2024) ANALISIS KUALITAS PADA APLIKASI M-PASPOR MENGGUNAKAN E GOVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DI KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Direktorat Jenderal Imigrasi meluncurkan layanan e-government yaitu M-Paspor. M-Paspor berupa aplikasi yang digunakan untuk mengajukan permohonan paspor baru maupun pergantian secara online serta memudahkan proses permohonan paspor dengan memungkinkan pengunggahan scan dokumen secara online sehingga pemohon hanya perlu menunjukkan dokumen asli saat wawancara di kantor imigrasi. M-Paspor masih memiliki kendala yang dialami oleh pemohon, yaitu pengguna gagal meng-upload dokumen ke Aplikasi M-Paspor, gagal menyimpan proses pendaftaran pada kesempatan pertama, tidak dapat mencetak bukti pembayaran, aplikasi terkadang sulit diakses, aplikasi terkadang tidak dapat digunakan, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas layanan Aplikasi M-Paspor dengan empat dimensi E-GovQual (Efficiency, Trust, Reliability, Citizen Support). Studi ini juga akan mengevaluasi tingkat kepentingan dan kinerja masing-masing indikator, serta menentukan indikator mana yang paling penting untuk perbaikan kualitas layanan berdasarkan hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA). Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk penelitian ini, kuesioner disebarkan kepada sampel sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan melalui teknik pengambilan sampel yang dikenal sebagai probabilitas sampel (purposive sampling). Rumus slovin digunakan untuk mengambil sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kesesuaian antara kinerja M-Paspor dengan kepentingan pengguna adalah 98.18% (di bawah 100%) Selain itu, nilai kesenjangan (GAP) terhadap beberapa indikator kurang dari 0 (< 0), yang berarti kinerja layanan M-Paspor belum sepenuhnya memenuhi harapan pengguna. Hasil analisis kuadran IPA menunjukkan bahwa terdapat 7 indikator yang merupakan prioritas utama untuk perbaikan, 6 indikator yang sudah sesuai dengan harapan pengguna, 4 indikator dengan prioritas perbaikan rendah dan 6 indikator yang kinerjanya baik tetapi tidak terlalu diperlukan oleh pengguna. Kata Kunci: e-government, kualitas layanan, E-GovQual, Importance Performance Analysis (IPA), M-Paspor.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Adelia Putri |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 06:37 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 06:37 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10273 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |