Harefa, Desyukur Alfanata (2023) EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE PKJI 2014 (Studi Kasus Jl. Diponegoro – Jl. Pendidikan Kota Gunugsitoli, Nias). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
Skripsi Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kemacetan merupakan permasalahan lalu lintas yang sering terjadi di simpang Jl. Diponegoro dan Pendidikan Kota Gunungsitoli, dikarenakan banyaknya volume kendaraan lalu lintas yang melintasi kawasan yang menuju Jl. Pendidikan Kota Gunungsitoli. Oleh karena itu diperlukan evaluasi kinerja sistem Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas (APILL) yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Simpang APILL Jl. Diponegoro – Jl. Pendidikan Kota Gunungsitoli, dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah Survei yang dilakukan selama empat hari (Senin, Rabu, Kamis dan Minggu) dengan LHR dan jam puncak tertinggi pada hari Senin, yaitu 1308,47 skr/jam dan jam puncak pada pukul 13.00 – 14.00 dengan volume kendaraan 1853,25 skr/jam. Dari hasil analisis kondisi eksisting nilai kapasitas C = 600 skr/jam dan derajat kejenuhan DJ = 0,96 pada pendekat barat, nilai kapasitas C = 1628 skr/jam dan derajat kejenuhan DJ = 0,20 pada pendekat utara, nilai kapasitas C = 1050 skr/jam dan nilai derajat kejenuhan DJ = 0,48 pada pendekat selatan, menunjukkan bahwa kinerja Simpang Jl. Diponegoro – Jl. Penididkan Kota Gunungsitoli, Nias pada kondisi eksisting sudah mengalami kejenuhan. Setelah dilakukannya perubahan lebar geometrik dan waktu siklus maka nilai kapasitas C = 2973 skr/jam dan nilai derajat kejenuhan DJ= 0,19 pada pendekat barat, nilai kapasitas C = 1361 skr/jam dan derajat kejenuhan DJ = 0,20 pada pendekat selatan, nilai kapasitas C = 2547 skr/jam dan derajat kejenuhan DJ = 0,24 pada pendekat selatan. Dari hasil perencanaan ulang kinerja simpang menjadi lebih efektif. Kata Kunci: Simpang, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APIIL), PKJI, Kapasitas, Derajat Kejenuhan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Desyukur Alfanata Harefa |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 01:52 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 01:52 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |