Sumarni, Sumarni (2025) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII SMPS AL-IKHLAS. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER BENAR.pdf

Download (215kB)
[img] Text
ABSTRAK BENAR.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Bab 1 BENAR.pdf

Download (480kB)
[img] Text
Dafus Saya BENAR.pdf

Download (405kB)
[img] Text
SKRIPSI SUMARNI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK SUMARNI: Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Self Efficacy Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas VIII SMPS Al-Ikhlas. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self efficacy dapat disebabkan oleh model pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Akibatnya, selama pembelajaran berlangsung, banyak siswa merasa mengantuk dan kurang berkonsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self efficacy. Penelitian ini dilakukan di SMPS Al-Ikhlas. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari jawaban siswa pada soal tes kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa yang dipilih dari 3 siswa. Perwakilan dari skor rendah sebanyak 1 siswa, skor sedang sebanyak 1 siswa dan skor tinggi sebanyak 1 siswa untuk diwawancarai. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan kriteria rendah memiliki skor 17, siswa dengan kriteria sedang siswa memiliki skor 24, siswa dengan kriteria tinggi memiliki skor 31, dan siswa dengan kriteria sangat tinggi memiliki skor 43. Sedangkan hasil dari hasil tes angket self efficacy siswa dengan kriteria rendah memiliki skor 27, siswa dengan kriteria sedang memiliki skor 46, dan siswa dengan kriteria tinggi memiliki skor 61. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis yang rendah cenderung memiliki self efficacy yang lebih rendah, sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi memiliki self efficacy yang lebih tinggi. Hal ini tercermin dari perbandingan skor, di mana siswa dengan kriteria rendah dalam kemampuan berpikir kritis matematis memiliki skor 14 dan self efficacy 27, sementara siswa dengan kriteria tinggi memiliki skor masing-masing 31 dan 61. Kata kunci: Self Efficacy, Deskriptif Kualitatif, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: sumarni marni
Date Deposited: 24 Feb 2025 01:46
Last Modified: 24 Feb 2025 01:46
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10251

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by