PUTRI, MEILIYANA (2024) STUDI EKSPERIMENTALPEMANFAATAN LIMBAH ASPAL BETON DAN BETON COR SEBAGAI SUBTITUSI AGREGAT KASAR PADA PERKERASAN ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE (AC-WC). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
MEILIYANA PUTRI_190110170_Cover.pdf Download (420kB) |
|
Text
MEILIYANA PUTRI_190110170_Abstrak.pdf Download (311kB) |
|
Text
MEILIYANA PUTRI_190110170_Bab 1.pdf Download (236kB) |
|
Text
MEILIYANA PUTRI_190110170_Daftar Pustaka.pdf Download (344kB) |
|
Text
MEILIYANA PUTRI_190110170_STUDI EKSPERIMENTALPEMANFAATAN LIMBAH ASPAL BETON DAN BETON COR SEBAGAI SUBTITUSI AGREGAT KASAR PADA PERKERASAN ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE (AC-WC).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Membatasi penggunaan agegat baru (fresh aggregate) dari alam ini makan akan dikembangkan teknologi daur ulang (recycling) untuk perkerasan jalan. Pada penelitian ini menggunakan limbah beton dan beton cor yang berasal dari sisa pengujian di Laboratorium Teknik Sipil Univeristas Malikussaleh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya variasi limbah beton dan limbah aspal sebagai subtitusi agregat kasar pada campuran laston (AC-WC) untuk perkerasan jalan raya terhadap nilai karakteristik marshall. Material limbah beton yang digunakan adalah agregat kasar ukuran 19 mm dan limbah aspal dengan ukuran 9,5 mm. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan kadar variasi limbah beton dan limbah aspal yang digunakan pada penelitian ini sebagai pengganti agregat kasar sebesar 0%, 35%, 50% dan 70%. Hasil yang didapat dari pengujian ini dengan kadar aspal optimum (KAO) 6%, dan yang berpengaruh baik terhadap nilai karakteristik marshall terdapat pada variasi 70% dengan subtitusi 50% limbah beton dan 50% limbah aspal, 25% limbah beton dan 75% limbah aspal dan subtitusi 0% limbah beton dan 100% limbah aspal, menghasilkan nilai karakteristik marshall yang berpengaruh baik dari tiga subtitusi tersebut seperti stabilitas sebesar 1695 kg, flow sebesar 3,95 mm, VFA sebesar 77,41%, VMA sebesar 15,99%, VIM sebesar 4,22%, density sebesar 2,312 gr/cm dan MQ sebesar 464 kg/mm, dengan menggunakan subtitusi limbah aspal lebih banyak dari pada limbah beton.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Meiliyana Putri |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 03:24 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 03:24 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1021 |
Actions (login required)
View Item |