Farizi, Muhammad Rasil (2025) PENGARUH EDUKASI MANAJEMEN BENCANA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KESIAPAN MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH ANGKATAN 2024. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
MUHAMMAD RASIL FARIZI_200610078_COVER .pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
MUHAMMAD RASIL FARIZI_200610078_ABSTRAK.pdf Download (585kB) |
![]() |
Text
MUHAMMAD RASIL FARIZI_200610078_BAB 1.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
MUHAMMAD RASIL FARIZI_200610078_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
MUHAMMAD RASIL FARIZI_200610078_PENGARUH EDUKASI MANAJEMEN BENCANA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KESIAPAN MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH ANGKATAN 2024.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Bencana, baik alam maupun non-alam, berdampak besar pada kehidupan,termasuk di wilayah rawan seperti Indonesia. Aceh Utara, dengan risiko gempa,banjir, dan tsunami, memerlukan kesiapsiagaan, khususnya di sektor pendidikankedokteran. Penelitian menunjukkan edukasi manajemen bencana meningkatkanpengetahuan, sikap, dan kesiapan mahasiswa kedokteran, termasuk di Universitas Malikussaleh, dalam menghadapi tantangan kesehatan pasca-bencana.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross-sectional penelitian dilakukan di FK Unimal. Populasi dan sampel sebanyak 141 mahasiswa menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara univariat dengan menggunakan uji wilcoxon untuk menjelaskan pengetahuan dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi bencana. Penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi manajemen bencana meningkatkan pengetahuan dan kesiapan mahasiswa kedokteran secara signifikan. Sebelum edukasi, mayoritas mahasiswa memiliki pengetahuan cukup 46,1 dan kesiapan baik 51,1. Setelah edukasi, pengetahuan kategori baik meningkat menjadi 78, dan kesiapan dan kesiapan baik menjadi 78,7. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa pengaruh signifikan edukasi (p<0,001). Edukasi manajemen bencana meningkatkan pengetahuan mahasiswa dari kategori baik 44,7 menjadi 78, serta kesiapan dari kategori baik 51,5 menjadi 78. Hasil ini menunjukkan edukasi signifikan dalam meningkatkan pengetahuan dan kesiapan mahasiswa kedokteran ,membuktikan efektivitasnya untuk menghadapi situasi darurat bencana secara lebih optimal.Edukasi manajemen bencana terbukti terdapat pengaruh yang signifikan pada pengetahuan mahasiswa dari kategori baik 44,7 menjadi 78 dan kesiapan dari 51,5 menjadi 78. Hal ini menunjukkan bahwa edukasi relevan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa kedokteran untuk menghadapi situasi darurat bencana secara optimal. Kata kunci: Bencana, mahasiswa, kedokteran ,kesiapan, edukasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > 11201 - Program Studi Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Muhammad Rasil Farizi |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 04:51 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 04:51 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |