JANNATI, RIQQI (2024) KUALITAS PELAYANAN SAMSAT DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN ACEH TENGAH. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (60MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Kualitas Pelayanan Samsat dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Aceh Tengah. Jika dilihat dari Jumlah realisasi unit pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Aceh Tengah belum mencapai target, dimana masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor yang menyebabkan realisasi unit kendaraan bermotor belum mencapai target yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan Samsat Takengon dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Aceh Tengah. Fokus penelitian diarahkan pada lima dimensi kualitas pelayanan, yaitu reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati), dan tangibles (produk fisik). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh dan mendalam mengenai kualitas pelayanan Samsat. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati langsung proses pelayanan Samsat Takengon, termasuk interaksi antara petugas dan wajib pajak. Wawancara dilakukan dengan informan yang terdiri dari kepala UPTD, petugas Samsat, serta wajib pajak untuk memperoleh informasi mengenai kualitas pelayanan dan hambatan yang dihadapi. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data sekunder seperti laporan realisasi pajak dan kebijakan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan Samsat di Kabupaten Aceh Tengah telah memenuhi sebagian besar indikator kualitas, meskipun masih terdapat kendala. Hambatan yang diidentifikasi meliputi keterbatasan fasilitas fisik, serta rendahnya kesadaran masyarakat dalam kewajiban pajak kendaraan bermotor. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Publik, Pajak Kendaraan Bermotor, Kepatuhan Wajib Pajak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HJ Public Finance H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik |
Depositing User: | Riqqi Jannati |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:10 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:10 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |