DEWI, RENI RISKA (2025) KUALITAS PELAYANAN PENANGANAN KASUS KEKERASAN FISIK ANAK (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Lhokseumawe). S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (114kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh intansi pemerintah, salah satunya untuk memberikan layanan penanganan kekerasan terhadap anak.Kekerasan anak masih kerap terjadi, salah satunya di Kota Lhokseumawe.Instansi yang bertanggungjawab dalam menangani kekerasan terhadap anak adalah DP3AP2KB, kasus kekerasan anak masih cukup tinggi di Kota Lhokseumawe, pada periode 2019-2022 jumlah kasus kekerasan fisik mencapai 88 kasus.Tentunya hal ini harus disikapi secara serius, DP3AP2KB Kota Lhokseumawe harus memberikan upaya terbaik terutama dalam pelayanan, karena kualitas pelayanan yang baik dapat memperbaiki kinerja menjadi lebih baik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan penanganan kasus kekerasan padaanak di DP3AP2KB Kota Lhokseumawe, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh DP3AP2KB Kota Lhokseumawe dalam penaganan kasus kekerasan terhadapanak. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis pendekatan kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan DP3AP2KB Kota Lhokseumawedalam penanganan kasus kekerasan terhadap anak berdasarkan aspek keandalan yaitu laporan masyarakat berusaha direspon dan penanganan kekerasan terhadap anak dilakukan sesuai prosedur atauSOP yang berlaku.Akan tetapi masih adanya keraguan dari masyarakatuntuk memberikan pengaduan terkait kekerasan yang terjadi pada anak.Selanjutnya pada aspek empati, DP3AP2KB Kota Lhokseumawememberikan pendampingan, memberikan bantuan psikologikepada anak serta memberikan bantuan konsultasi hukum kepada keluarga korban.Sedangkan pada aspek berwujud, DP3AP2KB Kota Lhokseumawemembutuhkan sarana dan prasarana seperti kendaraan operasional danjuga ruang khusus pelayanan kekerasan terhadap anak.Kendala yang dihadapi olehDP3AP2KB Kota Lhokseumawe dalam penanganan kasus kekerasan terhadap anakadalah adanya masyarakat yang tidak peduli, kurangnya keterbukaan orangtua(keluarga) korban,dan sarana dan prasarana yang kurang memadai.Saran bagi DP3AP2KB Kota Lhokseumawe untuk merespon pengaduan masyarakat dan memanfaatkan media sosial sebagai media penyebaran informasi sehingga dapat dengan mudah diakses dan diterima oleh masyarakat. Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Penanganan dan Kekerasan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: Reni Riska Dewi
Date Deposited: 19 Feb 2025 07:31
Last Modified: 19 Feb 2025 07:31
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10130

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by