Tursina, Rita (2024) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN KUTA BLANG KABUPATEN BIREUEN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI Rita tursina (200210011)[1].pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI Rita tursina (200210011)[1].pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB 1 SKRIPSI Rita tursina (200210011)[1].pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
DAPUS SKRIPSI Rita tursina (200210011)[1]-2.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Rita tursina (200210011)[1].pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan publik adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses serta lingkungan dimana penilaian kualitasnya ditentukan di saat terjadinya pemberian pelayanan publik. Kualitas pelayanan publik Difokuskan kepada Tangibel (Berwujud), Responsiviness (ketanggapan), Assurance (Jaminan). Dan penghambat pelaksanaan pelayanan publik difokuskan kepada kurangnya saranan dan prasarana, jaringan internet dan mati lampu tiba-tiba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen dan untuk mengetahui apa saja penghambat pelaksanaan pelayanan pada Kantor Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori Zeithaml dkk dalam (Hardiansyah, 2018) Kualitas Pelayanan dapat diukur dari 5 dimensi, yaitu tangibel (berwujud), reliability (kehandalan), responsiviness (ketanggapan), assurance (jaminan), Empathy (empati). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan dimensin Tangibel (Berwujud), Kantor Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen belum berjalan sesuai harapan masyarakat seperti dilihat dari aspek Kenyamanan tempat melakukan pelayanan. Aspek kemudahan akses pelanggan dalam permohona pelayana, Kantor Camat Kuta Blang masih belum memberikan kemudahan akses pelanggan dalam permohonan pelayanan, Dan aspek penggunaan alat bantu dalam pelayanan, yaitu kurangnya alat bantu pada bagian pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terkait dengan dimensin Responsiviness (ketanggapan) pada pelaksanaannya masih terdapat indikator yang belum berjalan sesuai harapan masyarakat yaitu proses pelayanan yang tidak tepat waktu sesuai yang di telah di janjikan. Dan berdasarkan hasil penelitian terkait dengan dimensin Assurance (Jaminan), dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya terlaksana sesuai dengan harapan masyarakat. Penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen adalah kurangnya sarana dan prasarana seperti kursi di ruang tunggu, kurangnya alat bantu, dan kurangnya filing kabinet. Dan hambatan lainnya yaitu gangguan jaringan dan mati lampu tiba- tiba.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik |
Depositing User: | Rita Tursina |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 07:27 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 07:27 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |