Fitri, Isna (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA MATERI GREEN CHEMISTRY. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
SKRIPSI ISNA FITRI 200720036 COVER.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ISNA FITRI 200720036 ABSTRAK.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ISNA FITRI 200720036 BAB I.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ISNA FITRI 200720036 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ISNA FITRI 200720036.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
ISNA FITRI: Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Self Efficacy Siswa Pada Materi Green Chemistry. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi siswa SMA Negeri 1 Gandapura, rendahnya self-efficacy siswa dan kurangnya efektifitas model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Self Efficacy Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah 118 siswa kelas X Merdeka dan sampel yang digunakan berjumlah 58 orang yang terdiri dari 29 siswa kelas X Merdeka 3 sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas X Merdeka 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yaitu uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk, uji homogenitas mengggunakan uji Levene, dan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney dan uji Independent sample t-test. Hasil data antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata posttest literasi sains dan self-efficacy yang lebih tinggi yaitu sebesar 82,76 dan 72,45 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,46 dan 62,72. Hasil uji Mann-Whitney pada literasi sains dan hasil uji Independent Sample T- Test pada skor self-efficacy diperoleh Ho ditolak dan H1 diterima. Model pembelajaran di kelas eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami konsep sains. Model ini juga meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan sains dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi sains dan self�efficacy siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kata Kunci: PBL, Literasi Sains, Self Efficacy, dan Green Chemistry
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Isna Fitri |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 07:12 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 07:12 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |