Safruddin, Muhammad (2025) Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Berbasis Scaffolding Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Komunikasi Peserta Didik Pada Materi Sistem Periodik Unsur. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER.pdf

Download (76kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan abad 21 sangat membutuhkan berbagai keterampilan yang harus dikuasi, salah satunya yaitu keterampilan kolaborasi dan komunikasi. Setalah melakukan observasi dan wawancara dengan salah satu guru kimia di SMA Negeri 1 Syamtalira Aron didapatkan bahwasanya keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa masih kurang, sehingga peneliti menerapkan model pembelajaran POGIL berbantuan scaffolding sebagai pemicu keterampilan koalborasi dan komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pogil berbasis scaffolding terhadap keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa pada materi sistem periodik unsur. Penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental Design, dan menggunakan desain Intact-Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Syamtalira Aron, teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan sampel yang terpilih adalah dua kelas yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas X4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keterampilan kolaborasi dan komunikasi yang telah di validasi oleh para ahli dan akan diisi oleh observer ketika dalam proses pembelajaran guna untuk menilai keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa pada materi sistem periodik unsur di ke dua kelas. Dari hasil data lembar observasi yang telah di analisis diperoleh skor rata-rata keterampilan kolaborasi kelas eksperimen sebesar 3.44 dan keterampilan komunikasi sebesar 3.34, dibandingkan dengan skor rata-rata keterampilan kolaborasi kelas kontrol sebesar 2.60 dan keterampilan komunikasinya sebesar 2.78. Uji hipotesis menggunakan uji parametrik, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000<0,05 pada data keterampilan kolaborasi dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000<0,05 pada data keterampilan komunikasi. Berdasarkan hasil data yang didapatkan dan hasil uji hipotesis keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa bahawa terdapat pengaruh model pembelajaran POGIL berbasis scaffolding terhadap keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa. Penelitian ini juga sejalan dengan penelitian terdahulu yang memaparkan bahwa model POGIL (inkuiri terbimbing) memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan komunikasi dan kerja sama tim.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Muhammad Safruddin
Date Deposited: 19 Feb 2025 02:01
Last Modified: 19 Feb 2025 02:01
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10110

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by