FITRIA, WARDATUL (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FISIKA BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI GERAK MELINGKAR. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover uti.pdf

Download (890kB)
[img] Text
abstrak uti.pdf

Download (866kB)
[img] Text
bab 1 uti.pdf

Download (985kB)
[img] Text
daftar pustaka uti.pdf

Download (988kB)
[img] Text
WARDATUL FITRIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes fisika berbasis multirepresentasi pada materi gerak melingkar yang baik dan layak digunakan sebagai alat ukur kemampuan multirepresentasi fisika pada peserta didik untuk memenuhi persyaratan kelayakan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda butir soal. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Bireuen dan SMA N 3 Bireuen. Penelitian ini berlangsung pada semester 1 tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu menggunakan lima tahapan sampai tahapan uji coba pada skala besar. Yang menghasilkan produk berupa instrumen tes fisika berbasis multirepresentasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan dengan pendekatan ADDIE menurut Branch. Pada metode ini, terdapat 5 tahapan, yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Menurut Branch (2009: 2). Dari hasil wawancara kepada beberapa guru di sekolah SMA N 2 Bireuen dan SMA N 3 Bireuen mengenai kurikulum yang diterapkan di kelas yang akan di teliti serta materi yang di ajarkan disana didapatkan bahwa di sekolah tersebut sudah menerapkan kurikulum merdeka. Guru disana juga masih menggunakan soal biasa (instrumen tes) sebagai penilaian dan jarang guru menggunakan instrumen tes fisika berbasis multirepresentasi. Setelah dilakukan tahap analisis, peneliti menemukan permasalahan yang ada yaitu dibutuhkan instrumen tes fisika berbasis multirepresentasi untuk melihat kemampuan representasi siswa. Adapun hasil kemampuan multirepresentasi peserta didik didapat bahwa peserta didik mampu menjawab soal dalam kategori sangat rendah 0%, kategori rendah 48,75%, kategori sedang 36,25%, dan kategori tinggi 15%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil persentase peserta didik yang mempunyai kemampuan dalam menjawab soal multirepresentasi rata-rata masih tergolong rendah. Guru tentu memiliki peranan yang sangat penting untuk membuat ataumemilih instrumen tes yang digunakan. Kata Kunci: Instrumen Tes, Multirepresentasi, Gerak Melingkar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: WARDATUL FITRIA
Date Deposited: 18 Feb 2025 04:19
Last Modified: 18 Feb 2025 04:19
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10083

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by