RAUZAH, RAIHANNUR (2025) IMPLEMENTASI AREA TRAFFIC CONTROL SYSTEM (ATCS) MENUJU SMART TRAFFIC LIGHT DI KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kemacetan lalu lintas merupakan permasalahan serius yang dihadapi Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, sebagai pusat ekonomi dan administratif. Persimpangan jalan, khususnya simpang Taman Riyadhah, menjadi titik rawan kemacetan akibat tingginya intensitas kendaraan yang dipicu oleh pertumbuhan populasi, peningkatan jumlah kendaraan bermotor, serta aktivitas ekonomi dan sosial. Untuk mengatasi masalah ini, Dinas Perhubungan Kota Lhokseumawe telah menerapkan Area Traffic Control System (ATCS) sebagai solusi terkoordinasi untuk mengurangi kemacetan dan pelanggaran lalu lintas.Penelitian ini mengevaluasi kelayakan dan efisiensi penerapan ATCS menuju smart traffic light berbasis data real-time. Berdasarkan analisis, implementasi ATCS dinilai layak karena mampu mengoptimalkan pengaturan sinyal lalu lintas sesuai kondisi aktual di setiap pendekat, mengurangi waktu tunggu, hambatan samping, serta mendukung kelancaran aktivitas masyarakat dan perekonomian. Namun, evaluasi efisiensi menunjukkan adanya ketidakefisienan dalam pengaturan waktu sinyal lalu lintas, di mana alokasi waktu fase traffic tidak selalu proporsional dengan perubahan volume kendaraan. Sebagai contoh, Jl. Merdeka Timur mengalami peningkatan volume kendaraan hingga 160,50%, tetapi hanya mendapatkan sedikit tambahan waktu fase hijau, sedangkan ruas lain dengan peningkatan volume rendah justru mendapatkan alokasi waktu lebih besar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan ATCS memiliki potensi strategis untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Kota Lhokseumawe. Namun, optimalisasi sistem ini memerlukan penyesuaian waktu fase berbasis data real-time yang lebih akurat agar efisiensi dan efektivitas sistem dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Raihannur Rauzah |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 09:28 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 09:28 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |