Rizkina, Ananda Putri (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD YANG BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ALAT OPTIK. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
RIZKINA ANANDA PUTRI_190730018_Cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
RIZKINA ANANDA PUTRI_190730018_Abstrak.pdf

Download (328kB)
[img] Text
RIZKINA ANANDA PUTRI_190730018-bab1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
RIZKINA ANANDA PUTRI_190730018_Daftar Pustaka.pdf

Download (132kB)
[img] Text
RIZKINA ANANDA PUTRI_190730018_Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learnig (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik di SMA N 1 Gandapura. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development atau R & D). Model pengembangan yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yang merupakan salah satu model pengembangan dari metode (research and development atau R & D). Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen XI IPA1 menggunakan E-LKPD dan kelas kontrol XI IPA 2. Pada tahap ini, metode penelitian digunakan yaitu quasi experimental dengan the nonequivalent pretest-posttest control group design untuk melihat peningkatan hasil belajar pemahaman konsep peserta didik menggunakan E-LKPD berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan. Pengembangan E-LKPD dilakukan dengan lima tahapan, yaitu; (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil uji perhitungan N-Gain kelas eksperimen mendapatkan skor persentase rata-rata N-Gain sebesar 60% dengan kriteria Sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 24% dengan kriteria Rendah.. Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kedua kelas sebesar 36% dengan nilai N-Gain kelas eksperimen > N-Gain kelas kontrol. Maka dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kedua kelas sebesar 36%. Penggunaan E-LKPD Flip PDF Builder berbasis Problem Based Learning pada materi alat-alat optik mendapatkan penilaian baik dari guru mata pelajaran fisika dan juga peserta didik kelas XI IPA 1 SMA N 1 Gandapura. . Dimana diperoleh persentase rata-rata oleh ahli materi sebesar 85% dengan kriteria sangat layak, dan persentase hasil rata-rata oleh ahli media sebesar 94% dengan kriteria sangat Layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran fisika disekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Rizkina Ananda Putri
Date Deposited: 26 Mar 2024 05:14
Last Modified: 26 Mar 2024 05:14
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1756

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by